Membuat Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas VII


PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN REMAJA

"Membuat Perangkat Mengajar Guru Pendidikan 

Agama Kristen Remaja"

Nama            : Murniwati Ndraha

Semester       : VI (enam)

SILABUS

Mata Pelajaran         : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Kelas                          : VII (Tujuh)

KOMPOTENSI INTI

K1       : Menghargai dan mmenghayati ajaran agama yang dianutnya

K2       : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

K3      : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.

K4       : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

KOMPETENSI

DASAR

MATERI

POKOK

PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI

WAKTU

SUMBER

BELAJAR

1.1. Menerima

bahwa Allah dapat mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus.

 

1.2. Bersedia mengampuni orang lain.

Allah Terus

Berkarya.

 

Allah mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus.

Mengamati:

Mengamati karakter

tokoh-tokoh dunia dan tokoh Alkitab yang berkaitan dengan sikap mengampuni.

 

Menanyakan: Menanyakan mengapa manusia perlu bertobat.

 

Makna pertobatan dan apa artinya bagi hidup orang beriman.

Sikap:

Penilaian diri

sendiri dalam mensyukuri keberadaan sebagai pemberian Allah.

 

Observasi sikap mengampuni dalam kehidupan sehari- hari.

2 mg x 2 jp

(100 menit)

     Alkitab

     Standar Isi Kurikulum PAK

     Buku Petunjuk Guru PAK kelas VII

     Konkordansi

Alkitab

     Diktat PAK

kelas VII

1.3 Menjelaskan

bahwa Allah Mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus.

 

1.4 Mempraktekkan perilaku rendah

hati, peduli dan disiplin sebagai manusia yang telah diselamatkan

 

Mengeksplorasi:

Berbagi pengalaman

mengenai dosa dan pertobatan.

 

Pendalaman teks

Alkitab Yohanes 8:1-

11 tentang perempuan berdosa yang diampuni oleh Yesus.

 

Melakukan Pendalaman Alkitab dan diskusi mengenai makna dan syarat baptisan.

 

Mengasosiasi: Memahami lagu dalam kaitannya dengan pengampunan.

 

Menjelaskan arti pengampunan menurut Alkitab.

 

Mengkomunikasikan: Membuat tulisan yang menjelaskan arti bertobat dan contoh pertobatan.

 

Melakukan kegiatan mengenai kejatuhan manusia ke dalam dosa.

 

Menyusun doa pertobatan dan doa memohon pengampunan.

 

Melakukan permainan Bertahan dari Godaan.

 

Mempresentasikan hasil temmuan mengenai arti baptisan dan syarat baptisan.

 

Menulis puisi yang mengimani pengampunan Allah dalamm Yesus Kristus.

Pengetahuan:

Tes lisan: tentang

pengalaman siswa dalam mengampuni dan siampuni dan tentang pengalamannya mengenai arti mengampuni.

 

Tes tertulis: mengenai makna bertobat dan pengampunan menurut Alkitab.

 

Ketrampilan: Penugasan: membuat doa mohon pemngampunan

 

Membuat puisi dan naskah drama kejatuhan manusia ke dalam dosa..

 

 


Mengetahui,                                                                          Surabaya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,                                                                                                                                   
Kepala Sekolah                                                                                             Guru PAK,                                                                                 






Dr. Boby Putra, M.Th                                                                                 Murniwati Ndraha


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan                  : Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Mata Pelajaran                       : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti

Kelas/Semester                       : VII/I

Materi Pokok                          : Allah Terus Berkarya – Allah Mengampuni dan Menyelamatkan Manusia  di Dalam Yesus Kristus

Alokasi Waktu                       : 4 mg x 2 jp (100 menit)

A. Kompetensi Inti 

K1             : Menghargai dan mmenghayati ajaran agama yang dianutnya

K2             : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

K3             : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian  tampak mata.

K4             : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi :

 

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1

1.1 Menerima bahwa hanya Allah yang dapat mengampuni dan

menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus

1.1.1 Mengakui pengampunan dan

penyelamatan manusia hanya melalui Yesus Kristus

1.1.2 Menghayati pengampunan Allah dalam sikap kehidupan sehari-hari

2

2.1 Bersedia mengampuni orang lain

2.1.1 Menceritakan pengalaman

mengampuni dan diampuni

2.1.2 Mengapresiasi secara tertulis teman yang dengan rendah hati mau mengampuni sesamanya

3

3.1 Menjelaskan Allah mengampuni dan menyelamatkan manusia

melalui Yesus Kristus

3.1.1 Menjelaskan arti pengampunan

dan penyelamatan Alllah melalui Yesus Kristus

3.1.2 Menjelaskan tujuan Allah mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus

4

4.1  Mempraktekkan perilaku rendah hati, peduli, dan disiplin sebagai

manusia yang telah diselamatkan

4.1.1 Mempraktikkan perilaku rendah

hati, peduli pada orang lain dan berdisiplin sebagai manusia yang telah diselamatkan

4.1.2 Menerapkan kerendahan hati mau mengampuni seperti Allah telah mengampuni


C. Tujuan Pembelajaran :

Pertemuan 1

Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik dapat:

a.   Mengenal tokoh Nelson Mandela melalui kisah yang disampaikan guru, dan menemukan sikap mengampuni yang dimiliki tokoh tersebut

b.   Menemukan tingkat kesulitan dalam mengambil sikap mengampuni

c.   Mengakui pengampunan dan penyelamatan manusia hanya melalui Yesus Kristus

d.   Menemukan dampak positf dan negatif dari sebuah pengampunan

e.   Menemukan tujuan Allah mengampuni manusia dan mengomunikasikannya kembali di depakelas


Pertemuan 2

 Setelah mengikuti serangkaian kegiatapembelajaran maka peserta dididapat:

a. mengidentifikasi perilaku Yusuf dalam Kitab Kejadian 45

b. menyadari bahwa jika mereka tidak mengampuni sesama, bagaimana mereka dapat mohon ampun pada Allah

c.   Menjelaskan arti pentingnya mengampuni bagi orang Kristen dan memberiikan apresiasi kepada teman yang dengan kerendahan hati mau mengampuni.

d.   Menjelaskan bentuk penghayatan akan pengampunan yang diberikan Allah kepada manusia, seperti rendah hati, peduli, dan disiplin.

e.   Menerapkan kerendahan hati mau mengampuni seperti Allah telah mengampuni.

D. Materi Pembelajaran

       Pertemuan 1 

a Pengalaman mengampuni dan diampuni

b.   Arti pengampunan hanya didalam Yesus Kristus

c Tujuan Allah mengampuni manusia

Pertemuan 2 

a Prinsip dasar pengampunan menurut iman Kristen 

b.   Arti pentingnya mengampuni bagi orang Kristen

c Bagaimana cara menghayati sebuah pengampunan

E.  Metode Pembelajaran :

        a Pembelajaran Scientifik 

        b.   Pembelajaran Kooperati

        c Pembelajaran Discovery

 

F.  Media dan Bahan :

    a. Media : Gambar tokoh Nelson Mandela dan kisah hidupnya, kisah hidup Yesus, kisah hidup              Yusuf 

    b.   Alat dan Bahan : cuplikan film passion of the Christ, cuplikan film Yusuf, LCD, Whiteboard

   G. Sumber Belajar :
        a Buku siswa : Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti b.   Buku referensi : Alkitab,                  buku pujian

c Artikel : kisah hidup Nelson Mandela

d.   Situs internet :  http://id.wikipedia.org/wiki/Nelson_Mandela

e Lingkuan sekitar : kelas


KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1

1.      Pendahuluan

a.       Berdoa dan bernyanyi bersama dipimpin oleh peserta didik

b.      Apersepsi: Guru memberikan pertanyaan tentang arti mengampuni menurut pandangan peserta didik

c.       Guru memperlihatkan gambar seorang tokoh Afrika yang terkenal dan  meminta peserta didik menceritakan kisah hidupnya menurut pengetahuan mereka.

2.      Kegiatan inti (80 menit – bila pertemuan 2 jam pelajaran)

a.       Mengamati :

Peserta didik bersama-sama dalam hati membaca kisah Nelson Mandela, dan mengambil kesimpulan tentang sikap yang diambil oleh tokoh tersebut tentang mengampuni

b.      Menanya :

Peserta didik membentuk kelompok dengan anggota 3orang, dan saling bertanya tentang pengalaman mengampuni  dan tidak mengampuni yang terjadi dalam hidup mereka masing-masing

c.       Mengumpulkan data :

1.      Peserta didik menuliskan masing-masing pengalaman mengampuni dan diampuni dengan berbagai tantangan yang dihadapinya

2.      Peserta didik menonton cuplikan film passion of the Christ dan membandingkan pengampunan Allah dan pengampunan manusia

d.      Mengasosiasi :

1.      Peserta didik bersama-sama membuat kesimpulan tentang tingkat kesulitan mengambil sikap mengampuni dan dampak positif negatifnya dari tindakan mengampuni dan tidak mengampuni

2.       Peserta didik mendiskusikan arti pengampunan hanya melalui Yesus Kristus

e.       Mengomunikasi :

      Peserta didik menemukan tujuan Allah  mengampuni manusia dan menyajikannya didepan kelas secara bergantian sesuai arahan Gur

3. Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik menerima tugas Guru untuk mengidentifikasikan sikap Yusuf dalam Kitab Kejadian 45

b.      Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah

c.       Berdoa bersama dipimpin peserta didik sebagai ucapan terimakasih kepada Allah.

 

Pertemuan 2

1.      Pendahuluan  (10 menit )

a.       Berdoa dan bernyanyi bersama dipimpin oleh peserta didik

b.       Apersepsi:  Guru memberikan pertanyaan tentang tujuan Allah mengampuni manusia

c.       Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

2.      Kegiatan inti (80 menit – bila pertemuan 2 jam pelajaran)

a.       Mengamati

Peserta didik membaca kisah Yusuf dalam Kitab Kejadian 45 dan mengidentifikasi  sikap Yusuf yang diteladani oleh manusia sekarang

b.      Menanya

Peserta didik mendalami bagian Alkitab berupa perumpamaan yang diajarkan oleh Yesus,  dan menyadari bahwa jika mereka tidak mengampuni sesama, bagaimana mereka dapat mohon ampun pada Allah

c.       Mengumpulkan data

Peserta didik mendalami perumpamaan mengampuni yang diajarkan oleh Yesus, dan memahami arti pentingnya mengampuni bagi orang Kristen

d.      Mengasosiasi

1.      Melalui lagu “Dihapuskan Dosaku” yang diperdengarkan, peserta didik menghayati pengampunan yang diberikan Allah kepada manusia

2.      Peserta didik mendiskusikan prinsip dasar pengampunan menurut iman Kristen dan menyimpulkan bahwa untuk mengampuni dibutuhkan sikap rendah hati

e.       Mengomunikasi

Peserta didik mengidentifikasi bentuk-bentuk penghayatan terhadap pengampunan yang sudah Allah berikan kepada manusia, dan menyajikannya di depan kelas secara bergantian sesuai pengarahan guru

3.      Penutup (10 menit)

a.       Peserta didik bersama  guru merangkum arti dan makna pengampunan dan membuat komitmen untuk mau mengampuni dan mempraktikkan perilaku orang yang sudah diampuni dengan menjadi orang yang rendah hati, peduli dan berdisiplin

b.      Menyanyi bersama sebagai ungkapan syukur kepada Allah

c.       Berdoa bersama dipimpin peserta didik sebagai ucapan terimakasih kepada Allah.


TERIMAKASIH

GOD BLESS YOU

Posting Komentar

0 Komentar