Metode dalam PAK:
Merode adalah cara atau prosedur dalam mengelolah
interaksi antara guru dan anak didik dalam proses belajar dengan berbagai
aktifitas. Metode anak adalah suatu pelayanan dan pekerjaan yang aktif yang
pendidik lakukan bagi Tuhan dan sesama supaya kedua pihak dapat beremu satu
sama lain. Maksudnya adalah dapat menolong peserta didik dalam PAK untuk
benar-benar belajar Firman Allah sehingga terjadi perubahan baik dalam
pengetahuan, sikap, nilai-nilai maupun dalam tingkah laku (akhlak)
Metode merupakan
alat yang memudahkan semua materi pembelajaran dapat diterima murid, misalnya
metode tanya jawab, diskusi, ceramah dan sebagainya.
AKTIFITAS
· a. Somatik à bergerak
· b. Auditory à mendengar
· c. Visual à melihat, baca
· d. Intelektual à berpikir
dan diskusi
Metode
Pelayanan Anak dalam pendidikan Agama Kristen di Gereja adalah bagian penting
alam mengajar, dimana melalui metode seorang guru dapat mengekspresikan sikap
dan keyakinannya untuk mengkomunikasikan pengetahuan, ide atau kebenaran untuk
membawa murid mengenal Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya. Metode dalam PAK
anak adalah suatu pelayanan dan pekerjaan yang aktif yang kita lakukan bagi
Tuhan dan sesamanya supaya kedua pihak dapat bertemu satu sama lain. Maksudnya
adalah dapat menolong peserta didk dalam PAK untuk benar-benar FA sehingga
terjadi perubahan baik dalam pengetahuan, sikap, nilai-nilai maupun tingkah
laku anak sesuai dengan FA.
Defenisi
metode merupakan alat sederhana bagi guru untuk mengkomunikasikan ilmu yang
didalamnya terdapat idealisme dan kebenaran serta cara mengajar didalamnya
terdapat pengalaman dan bahan pelajaran yang keduanya merupakan mata rantai
yang saing berhubungan.
Sifat
metode:
Metode
otoriter adalah penyampaian materi di berikan selengkapnya oleh pengajar murid
bersifat pasif sedangkan metode kreatif adalah menitik beratkan kebebasan murid
untuk berpikir sendiri.
Jenis-jenis metode
mengajar
Komunikasi
saru arah guru ke murid:
· a. Ceramah
· b. Kuliah
· c. cerita
· d. demostrasi
Komunikasi
satu arah murid ke guru:
· a. tugas/paper
· b. ujian
· c. studi kasus
· d. lap hasil riset
Komuniikasi
dua arah:
· a. murid-murid guru
· b. murid murid
Metode
Cerita:
a. a. Cerita merupakan penyampaian pelajaran
secara hidup, yang mengandung kebenaran dan bertumbuh (2 Timotius 3:16)
b. b. merupakan cara tertua dalam sejarah
manusia
c. c. efektif dipakai dalam pengajaran kepada
anak-anak tentunya harus perhatikan tingkat perkembangan usia anak
Ada beberapa hal pokok dalam PAK
anak dengan penyampaian cerita alkitab:
a. a. guru harus mengetahui dan mengenal
cerita
b. b. percaya pada kebenaran cerita
c. c. membuat cerita yang menarik, perlu
kreatifitas
d. d. disampaiakan secara hidup
·
gunakan kata-kata yang sederhana
·
tidak terlalu cepat
·
bervariasi
·
pergunakan gerakan
Metode sandiwara:
a. penyampaian kebenaran FA yang dipertunjukan oleh pemain-pemain sehingga baik penonton maupun pemain dapat menghayati segala peristiwa dengan penuh perasaan dan pengertian
b. cara ini makin banyak dipergunakan
c. sangat efektif bagi anak-anak
Metode audio-visual:
a. Mempergunakan gambar-gambar, papan flanel, film bersuara, layar lcd, anaimasi, dll
b. perlu diingat bahwa metode ini hanya boleh menolong pengajaran dan bukan menggatikannya, artinya fokus perhatian anak tidak boleh tertuju pada metode, tetapi harus tetap berfokus kepada Tuhan Yesus Kristus
Pemilihan metode yang tepat: ditentukan oleh ha-hal berikut ini:
1. seorang guru harus memiliki kemampuanyan dalam membuat metode supaya metode tersebut dapat berjalan dengan maksimal
2. murid juga harus peunya potensi dalam memengikuti metode yang harus digunakan
3. tempat harus memikirkan kondisi dan keadaan tempat dan luas halamanya supaya tidak terhambat dalam melakukan berbagai aktifitas dll
4. waktu dalam melakukan metode supaya tujuan metode yang kita lakukan dapat tercapai.
Ekspresi,
sikap dan keyakinan yang dilakukan dengan komunikasi ilmu, ide dan kebenaran
seghingga dapat mengenal kristus
Contoh
metode yang efektis dalam PAK anak sesuai tingkat usia perkembangan anak:
usia 0-2 tahun:
1. anak diperlukan kasih sayang melalui pelukan dan perhatian
2. cara yang paling efektif adalah dengan menggunkana gerak dan lagu, sebab anak belajar memuji Tuhan dengan menggunakan geraka-gerekan yang sederhana sehingga dapat mengingat pesan-pesan dan lain-lain
3. melalui gerakan dan lagu, guru sekolah minggu akan dapat memgembangkan keterampilan mendengar, megajarkan, interaksi sosial, mengembangkan motorik halus dan kasar, membagun keterampilan berpikir (kognitif dll)
usia 3-5 tahun:
1. Penyampaian firman Tuhan untuk usia 3 tahun-5 tahun sangat efektif dilakukan dengan adanya alat peraga dengan gambar-gambar yang berwarna-warni dan menarik bagi anak-anak.
2. Bisa memahami firman dengan baik atau bisa mengerti
3. Bisa melalui kegiatan-kegiatan yang mungkin membuat mereka senang seperti: main musik, nyanyi, pergaulan dengan teman.
Jenis-jenis metode pendidikan Kristen dalam konteks gerej, yaitu:
a. Kuliah
b. Cerita
c. Bermain
peran
d. Penelitian
Alkitab
e. Diskusi
atau tanya jawab, diskusi kelompok kecil, panel, debat, simposium, penemuan
f. Proyek
g. Permainan
h. Studi
lapangan
i.
Menghafalkan
j.
Riset dan pelaporan
k. Musik
l.
Pekerjaan tangan
m. Wawancara
n. Study
kasus
o. Drama
p. Tulisan
kreaktif
q. Tugas
r.
Ujian
0 Komentar