Metode dalam Pendidikan Agama Kristen


Metode dalam PAK:

Merode adalah cara atau prosedur dalam mengelolah interaksi antara guru dan anak didik dalam proses belajar dengan berbagai aktifitas. Metode anak adalah suatu pelayanan dan pekerjaan yang aktif yang pendidik lakukan bagi Tuhan dan sesama supaya kedua pihak dapat beremu satu sama lain. Maksudnya adalah dapat menolong peserta didik dalam PAK untuk benar-benar belajar Firman Allah sehingga terjadi perubahan baik dalam pengetahuan, sikap, nilai-nilai  maupun dalam tingkah laku (akhlak)

Metode merupakan alat yang memudahkan semua materi pembelajaran dapat diterima murid, misalnya metode tanya jawab, diskusi, ceramah dan sebagainya.

AKTIFITAS

·         a. Somatik àbergerak

·         b. Auditory àmendengar

·         c. Visual à melihat, baca

·         d. Intelektual àberpikir dan diskusi

Metode Pelayanan Anak dalam pendidikan Agama Kristen di Gereja adalah bagian penting alam mengajar, dimana melalui metode seorang guru dapat mengekspresikan sikap dan keyakinannya untuk mengkomunikasikan pengetahuan, ide atau kebenaran untuk membawa murid mengenal Tuhan Yesus Kristus dan Firman-Nya. Metode dalam PAK anak adalah suatu pelayanan dan pekerjaan yang aktif yang kita lakukan bagi Tuhan dan sesamanya supaya kedua pihak dapat bertemu satu sama lain. Maksudnya adalah dapat menolong peserta didk dalam PAK untuk benar-benar FA sehingga terjadi perubahan baik dalam pengetahuan, sikap, nilai-nilai maupun tingkah laku anak sesuai dengan FA.

Defenisi metode merupakan alat sederhana bagi guru untuk mengkomunikasikan ilmu yang didalamnya terdapat idealisme dan kebenaran serta cara mengajar didalamnya terdapat pengalaman dan bahan pelajaran yang keduanya merupakan mata rantai yang saing berhubungan.

Sifat metode:      

Metode otoriter adalah penyampaian materi di berikan selengkapnya oleh pengajar murid bersifat pasif sedangkan metode kreatif adalah menitik beratkan kebebasan murid untuk berpikir sendiri.

Jenis-jenis metode mengajar

Komunikasi saru arah guru ke murid:

·         a. Ceramah

·         b. Kuliah

·         c. cerita

·         d. demostrasi

Komunikasi satu arah murid ke guru:

·        a.  tugas/paper

·         b. ujian

·         c. studi kasus

·        d.  lap hasil riset

Komuniikasi dua arah:

·         a. murid-murid guru

·         b. murid murid

Metode Cerita:

a. a. Cerita merupakan penyampaian pelajaran secara hidup, yang mengandung kebenaran dan bertumbuh (2 Timotius 3:16)

b.   b. merupakan cara tertua dalam sejarah manusia

c.   c. efektif dipakai dalam pengajaran kepada anak-anak tentunya harus perhatikan tingkat perkembangan usia anak

Ada beberapa hal pokok dalam PAK anak dengan penyampaian cerita alkitab:

a.       a. guru harus mengetahui dan mengenal cerita

b.      b. percaya pada kebenaran cerita

c.       c. membuat cerita yang menarik, perlu kreatifitas

d.      d. disampaiakan secara hidup

·         gunakan kata-kata yang sederhana

·         tidak terlalu cepat

·         bervariasi

·         pergunakan gerakan

Metode sandiwara:

a. penyampaian kebenaran FA yang dipertunjukan oleh pemain-pemain sehingga baik penonton maupun pemain dapat menghayati segala peristiwa dengan penuh perasaan dan pengertian

b. cara ini makin banyak dipergunakan

c. sangat efektif bagi anak-anak

Metode audio-visual:

a. Mempergunakan gambar-gambar, papan flanel, film bersuara, layar lcd, anaimasi, dll

b. perlu diingat bahwa metode ini hanya boleh menolong pengajaran dan bukan menggatikannya, artinya fokus perhatian anak tidak boleh tertuju pada metode, tetapi harus tetap berfokus kepada Tuhan Yesus Kristus

Pemilihan metode yang tepat: ditentukan oleh ha-hal berikut ini:

1. seorang guru harus memiliki kemampuanyan dalam membuat metode supaya metode tersebut dapat berjalan dengan maksimal

2. murid juga harus peunya potensi dalam memengikuti metode yang harus digunakan

3. tempat harus memikirkan kondisi dan keadaan tempat dan luas halamanya supaya tidak terhambat dalam melakukan berbagai aktifitas dll

4. waktu dalam melakukan metode supaya tujuan metode yang kita lakukan dapat tercapai.

    Ekspresi, sikap dan keyakinan yang dilakukan dengan komunikasi ilmu, ide dan kebenaran seghingga dapat mengenal kristus

Contoh metode yang efektis dalam PAK anak sesuai tingkat usia perkembangan anak:

usia 0-2 tahun:

1. anak diperlukan kasih sayang melalui pelukan dan perhatian

2. cara yang paling efektif adalah dengan menggunkana gerak dan lagu, sebab anak belajar memuji Tuhan dengan menggunakan geraka-gerekan yang sederhana sehingga dapat mengingat pesan-pesan dan lain-lain

3. melalui gerakan dan lagu, guru sekolah minggu akan dapat memgembangkan keterampilan mendengar, megajarkan, interaksi sosial, mengembangkan motorik halus dan kasar, membagun keterampilan berpikir (kognitif dll)

usia 3-5 tahun:

1. Penyampaian firman Tuhan  untuk usia 3 tahun-5 tahun sangat efektif dilakukan dengan adanya alat peraga dengan gambar-gambar yang berwarna-warni dan menarik bagi anak-anak.

2. Bisa memahami firman dengan baik atau bisa mengerti

3. Bisa melalui kegiatan-kegiatan yang mungkin membuat mereka senang seperti: main musik, nyanyi, pergaulan dengan teman.

Jenis-jenis metode pendidikan Kristen dalam konteks gerej, yaitu:

a.       Kuliah

b.      Cerita

c.       Bermain peran

d.      Penelitian Alkitab

e.       Diskusi atau tanya jawab, diskusi kelompok kecil, panel, debat, simposium, penemuan

f.       Proyek

g.      Permainan

h.      Studi lapangan

i.        Menghafalkan

j.        Riset dan pelaporan

k.      Musik

l.        Pekerjaan tangan

m.    Wawancara

n.      Study kasus

o.      Drama

p.      Tulisan kreaktif

q.      Tugas

r.        Ujian

 

Posting Komentar

0 Komentar